Bantuan dan Edukasi bagi PPKS Lanjut Usia serta Keluarga Prasejahtera

SHARE:

Berita datang dari Magelang. Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang berkolaborasi dengan Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan manajemen situs Kita...

Pemkot-Magelang-Kolaborasi-Salurkan-Bantuan-dan-Edukasi-Hidup-Sehat-untuk-Lansia

Berita datang dari Magelang. Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang berkolaborasi dengan Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan manajemen situs KitaBisa Com, memberikan bantuan dan edukasi/ penyuluhan bagi masyarakat lanjut usia serta anggota keluarga prasejahtera. Penyerahan Bantuan serta Edukasi tersebut dilaksanakan di Pendopo Pengabdian, Kompleks Rumjab Wali Kota Magelang, Selasa (20/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinsos Kota Magelang Bambang Nuryanta mengatakan bahwa kegiatan tersebut meliputi pemberian edukasi seputar makanan bergizi dan pola hidup sehat serta pemberian bantuan berupa sembako.

"Tujuannya juga untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat prasejahtera dhuafa, tentang pentingnya gizi seimbang dan pola hidup sehat di usia senja," jelas Bambang Nuryanta, di sela-sela kegiatan edukasi tersebut.

PPKS yang dilibatkan sebanyak 200 orang, terdiri dari 100 PPKS kategori Lansia dari keluarga prasejahtera dan 100 orang pendamping/anggota keluarga lanjut usia prasejahtera. Adapun bantuan paket sembako yang diterimakan berisi beras, minyak goreng, gula pasir, telur, susu, dan sebagainya.

"Bantuan yang kami berikan, selain dari APBD juga dari para donatur, seperti Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan kitabisa com. Harapannya kegiatan ini bisa kontinyu dilaksanakan di masa yang akan datang," terang Bambang.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial, yang diperingati setiap 20 Desember. Pemberian bantuan merupakan bagian dari tugas Dinsos Kabupaten/ Kota sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Sasarannya antara lain lansia, penyandang disabilitas, kaum duafa dan lainnya.

"Saat ini tercatat ada 22.000 KK yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sejak tahun 2015. Kami masih survei apakah data tersebut layak atau tidak layak diberi bantuan," terang Kepala Dinas Sosial Kota Magelang Bambang Nuryanta.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan Kitabisa Com, Astri menerangkan, "Kitabisa dot Com merupakan platform penggalangan dana yang ada di Indonesia sejak 2013. Saat ini sudah ada lebih dari enam juta orang, baik yang telah menyalurkan bantuan kepada 100.000 galang dana yang tersebar di seluruh Indonesia."

Masih menurut Astri, beberapa tahun belakangan Kitabisa Com telah berdiri di seluruh kota dan provinsi di Indonesia, salah satunya di Magelang, Jawa Tengah. "Dalam perjalanannya, kami berkolaborasi dengan berbagai yayasan dan komunitas, juga dengan Pemkot Magelang," imbuh Astri.

Dikatakan pula bahwa, "Acara ini wujud nyata gotong royong dari warga untuk warga. Pihaknya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini, dan diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat dan berkelanjutan."

Sementara itu, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Kitabisa Com dan Yayasan Sandal Jepitan Bareng, yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat lansia keluarga prasejahtera di wilayahnya.

"Panjenengan (penerima bantuan) beruntung, tidak semua lansia beruntung, akan lebih beruntung jika sebagian bantuan ini juga diberikan kepada tetangga panjengan yang membutuhkan. Ini wujud syukur dan meredam rasa iri," pesan Aziz kepada para peserta . (Sumber MagelangKota Go Id)

COMMENTS

Nama

Berita Blora,6,Berita Jateng,6,Berita Pusat,8,Opini TKSK,5,PPKS,11,
ltr
item
TKSK MY ID: Bantuan dan Edukasi bagi PPKS Lanjut Usia serta Keluarga Prasejahtera
Bantuan dan Edukasi bagi PPKS Lanjut Usia serta Keluarga Prasejahtera
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDiL_HeJN9IdFApZBnCq1zrC2GDd4iOWahiHgbaUN-L8_a_d6tGzAKktapcHRihrkygEiny4wHm2ptaAZ-pIHD2WHoFptXpSGLdX-CnDsBupZfStUYNV35xWlyQXwCYrddg1RcnOfWCEmWUiQXuWcFoB_FXW_YMkUy6bUkGpsLccVnYEcV3ISRu6jQuQ/s16000/Pemkot-Magelang-Kolaborasi-Salurkan-Bantuan-dan-Edukasi-Hidup-Sehat-untuk-Lansia.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDiL_HeJN9IdFApZBnCq1zrC2GDd4iOWahiHgbaUN-L8_a_d6tGzAKktapcHRihrkygEiny4wHm2ptaAZ-pIHD2WHoFptXpSGLdX-CnDsBupZfStUYNV35xWlyQXwCYrddg1RcnOfWCEmWUiQXuWcFoB_FXW_YMkUy6bUkGpsLccVnYEcV3ISRu6jQuQ/s72-c/Pemkot-Magelang-Kolaborasi-Salurkan-Bantuan-dan-Edukasi-Hidup-Sehat-untuk-Lansia.jpg
TKSK MY ID
https://www.tksk.my.id/2022/12/bantuan-dan-edukasi-lansia-keluarga-miskin.html
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/2022/12/bantuan-dan-edukasi-lansia-keluarga-miskin.html
true
8127302976117625992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content