4.405 PPKS dari Buruh Tani Tembakau Blora Terima BLT DBHCHT

SHARE:

Bukan hanya di Rembang, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2022 yang dikucurkan Pemerintah Pusa...

02-4405-PPKS-dari-Buruh-Tani-Tembakau-Blora-Terima-BLT-DBHCHT

Bukan hanya di Rembang, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2022 yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk daerah penghasil tembakau telah disalurkan di Kabupaten Blora, Selasa (22/11/2022).

Di Blora, penyaluran perdana BLT untuk para petani dan buruh tani tembakau ini dimulai di Desa Genjahan, Kecamatan Jiken. Mengambil tempat di Balai Desa. Bank yang ditunjuk untuk menyalurkan Bantuan DBHCHT adalah Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. 

Penyaluran melalui Bank Jateng ini dipantau langsung oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST., MM., dan Forkopimda.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial PPPA Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si., menyampaikan bahwa BLT DBHCHT ini disalurkan khusus untuk para petani dan buruh tani tanaman tembakau yang ada di Kabupaten Blora. Termasuk para buruh pabrik rokok.

"Di Blora, setelah kami lakukan pencocokan data yang dihimpun oleh Dinas Pertanian dengan data Kemiskinan, telah tervalidasi sebanyak 4.405 penerima. Terdiri dari 4.345 petani dan buruh tani tembakau, dan 60 buruh pabrik rokok. Semuanya tersebar di 57 Desa, 12 Kecamatan se Kabupaten Blora," lapor Kepala Dinas Sosial P3A Blora Indah Purwaningsih.

Nominal BLT DBHCHT per bulan per Keluarga Penerima Manfaat mendapatkan bantuan sebesar 300 ribu rupiah, selama empat bulan berturut-turut.

"Yang dicairkan rangkap satu kali, sehingga total menerima satu juta dua ratus ribu rupiah per keluarga," sambungnya.

Pencairan dilakukan di seluruh loket layanan Bank Jateng terdekat se Kabupaten Blora, dengan membawa fotocopy KTP dan blangko pemberitahuan penerima BLT DBHCHT hasil verval yang sebelumnya sudah dibagikan melalui desa.

"Pencairan dilakukan mulai hari ini hingga Kamis nanti, kita beri alokasi 3 hari. Khusus di Genjahan ini kita datangkan mobil layanan keliling Bank Jateng," kata Indah.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., usai memantau langsung penyaluran BLT DBHCHT, menyampaikan pesannya untuk para penerima agar dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif.

"Semoga BLT DBHCHT dari pemerintahan pusat ini bermanfaat untuk para petani dan buruh tani tembakau, serta buruh pabrik rokok. Dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi dan kebaikan BBM. Kita pastikan tidak ada potongan. Utuh satu juta dua ratus per keluarga, kita pantau langsung bersama forkopimda," tegas Bupati.

Sementara itu, Saminten, salah satu PPKS yang bekerja sebagai buruh tani tembakau warga Dukuh Klampok, Desa Genjahan, Kecamatan Jiken, merasa senang menerima bantuan BLT DBHCHT di depan balai desa yang diserahkan Bupati.

"Senang Pak, senang. Karena kita ini buruh tani tembakau, ya nanti untuk beli beras. Maturnuwun Pak Bupati sudah hadir menyerahkan bantuan untuk kami," ungkap PPKS ini singkat.

Secara bergantian, para PPKS yang beruntung menjadi penerima manfaat mengantri melakukan pencairan BLT DBHCHT di mobil layanan kas keliling Bank Jateng yang diparkir depan Balai Desa Genjahan. (Sumber :  Blorakab Go Id)

COMMENTS

Nama

Berita Blora,6,Berita Jateng,6,Berita Pusat,8,Opini TKSK,5,PPKS,11,
ltr
item
TKSK MY ID: 4.405 PPKS dari Buruh Tani Tembakau Blora Terima BLT DBHCHT
4.405 PPKS dari Buruh Tani Tembakau Blora Terima BLT DBHCHT
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWaAhKQwnvl3t_fmwqBrpE8YQELUSnr_oMCaHidBUvNiLtS4BlYZzKHArpThOC5lOk-X5kCY9CORejRdCh0u-uM00bNemTEwcVt1C7W9GHGIs9Jd1ELvdUDtwOlr-D1DsNnG4wVU8hMK9zPXkidcmawvdX5Vu46PUeobUwsY8_KRUr_VCH2fF-_kxRww/s16000/02-4405-PPKS-dari-Buruh-Tani-Tembakau-Blora-Terima-BLT-DBHCHT.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWaAhKQwnvl3t_fmwqBrpE8YQELUSnr_oMCaHidBUvNiLtS4BlYZzKHArpThOC5lOk-X5kCY9CORejRdCh0u-uM00bNemTEwcVt1C7W9GHGIs9Jd1ELvdUDtwOlr-D1DsNnG4wVU8hMK9zPXkidcmawvdX5Vu46PUeobUwsY8_KRUr_VCH2fF-_kxRww/s72-c/02-4405-PPKS-dari-Buruh-Tani-Tembakau-Blora-Terima-BLT-DBHCHT.jpg
TKSK MY ID
https://www.tksk.my.id/2022/12/blt-cukai-tembakau.html
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/2022/12/blt-cukai-tembakau.html
true
8127302976117625992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content