Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022 di Klungkung Bali

SHARE:

  Kementerian Sosial (Kemensos RI) memilih Kabupaten Kulung Bali tepatnya di alun-alun Ida Dewa Agung Jambe Jalan Untung Surapati sebagai te...

01-keharuan-di-acara-puncak-HKSN-dan-HDI-2022-di-Klungkung-Bali
 

Kementerian Sosial (Kemensos RI) memilih Kabupaten Kulung Bali tepatnya di alun-alun Ida Dewa Agung Jambe Jalan Untung Surapati sebagai tempat peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2022. Acara puncak HKSN kali ini dibarengi dengan peringatan Hari Disabiltas Internasional (HDI).

Peringatan HKSN dan HDI 2022 lalu mengambil tema 'Bangkit Bersama Membangun Bangsa'. Dihadiri Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. Dibuka dengan tari Bali oleh anak-anak penyandang disabilitas. Bagi mereka, keterbatasan tak menyurutkan tekad mereka untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara Indonesia.

Dalam sambutannya, Mensos Tri Rismaharini mengatakan, "Bahkan anak-anak disabilitas mampu membuat tamu kita menikmati musik dan tarian pada acara puncak, mereka juga mampu menampilkan tarian untuk menyambut tamu pada acara UNESCAP artinya setiap mahkluk Tuhan pasti diberikan kekurangan dan kelebihan. Dan mereka diberikan kelebihan,"

Pada peringatan HKSN dan HDI 2022 tersebut, Sentra "Dharma Guna" Bengkulu yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial RI di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial RI, turut serta dalam memberikan pelayanan kepada para penyandang disabilitas. Salah satunya melalui Layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). 

Layanan ATENSI diberikan melalui pelayanan langsung (direct services) oleh Sentra "Dharma Guna" di Bengkulu dengan menyalurkan bantuan ATENSI sebanyak 90 Paket Nutrisi dan ADL untuk Lansia, Anak dan Kelompok Rentan, selain itu juga memberikan 4 unit kursi roda dan 1 paket bantuan kewirausahaan, dengan total bantuan sebesar 127.211.250 Rupiah.

Salah satu disabilitas penerima bantuan I Ketut Marta sangat berterima kasih pada Kemensos RI melalui Sentra ATENSI Guna Dharma. "Terimakasih Kemensos dan Sentra 'Dharma Guna' di Bengkulu yang telah membantu menyediakan toko kelontong yang lebih baik untuk kebutuhan sehari-hari kami," ujar Ketut tersenyum haru sambil beberapa kali mengusap air mata.

I Ketut Marta adalah salah satu penyandang disabilitas yang mengalami kondisi kedisabilitasan sejak lahir. Kedisabilitasan tersebut menyebabkan ia kesulitan untuk berjalan juga untuk berbicara. Sedangkan dia berkewajiban merawat saudaranya yang kini hanya bisa berbaring di kasur atau bedridden. Mereka tinggal di rumah kecil di pinggir jalan dan membuka warung kelontong untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari.

01-logo-HKSN-2022

Pada kesempatan tersebut, Kepala Sentra Guna Dharma Syam Wuryani menyampaikan bahwa pada momentum HKSN dan HDI ini dapat memunculkan kembali rasa gotong-royong serta kepedulian terhadap sesama. 

"Seperti yang disampaikan Menteri Sosial dalam sambutannya di acara puncak, mari kita bangkitkan rasa kesetiakawanan dan gotong-royong serta kepedulian kita terhadap sesama dan diberikan hak yang sama. Tujuannya adalah agar kita bersama sama bangkit, tidak ada yang lebih tinggi dan rendah untuk bisa memajukan bangsa ini," pungkas Yani. (Sumber : Kemsos Go Id)

COMMENTS

Nama

Berita Blora,6,Berita Jateng,6,Berita Pusat,8,Opini TKSK,5,PPKS,11,
ltr
item
TKSK MY ID: Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022 di Klungkung Bali
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022 di Klungkung Bali
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiad8FJYkdEbOzW3PUPlqznhchvupG4XZe57Nqi7Q-phRu7hHCUJtzBrlMJhfpyhWuO_nqEyNhDzZA7E4dIgne8TtbYCfBa9Vei4Mta-EEzcdNmvQSPxuXXYagX8kRlsSx2JqmSWHg2aLQUkITScPUOx-LjFLJS3WLwx3dNqeiaoxOYjwZ98_RX0iPz4w/s16000/01-keharuan-di-acara-puncak-HKSN-dan-HDI-2022-di-Klungkung-Bali.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiad8FJYkdEbOzW3PUPlqznhchvupG4XZe57Nqi7Q-phRu7hHCUJtzBrlMJhfpyhWuO_nqEyNhDzZA7E4dIgne8TtbYCfBa9Vei4Mta-EEzcdNmvQSPxuXXYagX8kRlsSx2JqmSWHg2aLQUkITScPUOx-LjFLJS3WLwx3dNqeiaoxOYjwZ98_RX0iPz4w/s72-c/01-keharuan-di-acara-puncak-HKSN-dan-HDI-2022-di-Klungkung-Bali.jpg
TKSK MY ID
https://www.tksk.my.id/2022/12/hksn.html
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/2022/12/hksn.html
true
8127302976117625992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content