2023 Gubernur Ganjar Pranowo Fokus pada PPKS kategori Fakir Miskin

SHARE:

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Provinsi Jawa Tengah akan tetap fokus penurunan kemiskinan, yang berarti pula fokus pad...

05-Ganjar-Pranowo-telah-mendorong-Dinas-Sosial-Provinsi-Jawa-Tengah-untuk-membuat-aplikasi-untuk-validasi-dan-verifikasi-data

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Provinsi Jawa Tengah akan tetap fokus penurunan kemiskinan, yang berarti pula fokus pada penurunan angka Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial kategori Fakir Miskin. 

Seperti diberitakan Jatengprov, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan tetap fokus menyelesaikan beberapa program pada 2023, yakni pengentasan kemiskinan, indeksi gini dan williamson, inflasi, serta menjaga integritas.

"Satu, soal kemiskinan dan bagaimana perbaikan datanya agar target itu bisa diselesaikan. Contoh yang bagus itu di Kabupaten Boyolali," kata Ganjar, selesai memimpin Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) APBD Tahun 2023, di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (03/01/2023).

Menurut Ganjar Pranowo, pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah sebenarnya sudah dilakukan secara maksimal. Pihaknya telah mendorong Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah untuk membuat aplikasi untuk validasi dan verifikasi data.

"Soal kemiskinan, tadi Pak Wagub sudah keliling sebenarnya, dan meminta Dinsos kita membuat satu aplikasi yang membuat validasi data itu, termasuk verifikasinya. Sehingga tidak tumpang tindih," lanjutnya.

Ganjar Pranowo pun menegaskan pentingnya membangun kolaborasi antara kementerian berkait, kabupaten/kota, hingga desa. Baginya, data sangat penting untuk mengambil langkah penyelesaian masalah.

"Maka konteks kemiskinan empat tingkat itu, kalau melihat desil satu dan dua, kemiskinannya sangat ekstrem. Dan yang tiga dan empat ini kan sebenarnya sebentar lagi dia tidak miskin tapi ada nggak datanya?" tanya Ganjar Pranowo retoris.

Ganjar Pranowo meyakini, jika berpedoman pada validitas data, maka penanganan kemiskinan akan lebih cepat dan mudah. Dilaporkannya, untuk data kemiskinan ekstrem telah ditangani secara khusus.

"Sedangkan yang desil tiga dan empat jika ada datanya, kita bisa komunikasi dengan kabupaten/ kota. Rasa-rasanya penanganannya akan lebih cepat," imbuh Ganjar Pranowo.

Selain soal kemiskinan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga komitmen menuntaskan indeks gini dan williamson.

"Kemudian inflasi. Kalau inflasi kan dinamis, maka aplikasi Sehati kita dorong untuk betul-betul di-update terus-menerus. Saya sampaikan agar semakin rapi dalam mengelola," tambah Ganjar.

Kolaborasi antar OPD

Pada kesempatan itu, Ganjar Pranowo juga mengingatkan kepada OPD Pemprov Jawa Tengah untuk bisa bekerja secara kolaboratif dan saling menjaga integritas.

"Sekaligus sambil mengingatkan di tengah tantangan yang luar biasa, perlu kolaborasi dan menjaga integritas. Jangan sampai nanti terganggu dengan urusan-urusan tidak penting. Kita dorong juga soal dana hibah dan bansos untuk dibuatkan e-verval, yakni elektronik verifikasi dan validasi. Sehingga tidak ada yang tersangkut masalah hibah dan bansos," pinta Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo mengapresiasi beberapa progress administrasi pengadaan barang dan jasa yang sudah dilakukan lelang.

"Dan saya senang tadi APBJ kita mulai lelang sudah mendahului, sudah ada yang close, dan beberapa proses. Di bulan Januari bisa belanja sebenarnya. Ini bisa mempercepat penyerapan anggaran awal tahun ini, dan bisa menjadi stimulan ekonomi," pungkasnya. 

Sebagai informasi, realisasi pendapatan dan belanja Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2022 masuk sepuluh besar tertinggi di Indonesia. Dari sisi administrasi total realisasi pendapatan Jateng mencapai 99,33 persen. Kedua, administrasi belanja 91,48 persen per hari ini. (Sumber :  Jatengprov Go Id)

COMMENTS

Nama

Berita Blora,6,Berita Jateng,6,Berita Pusat,8,Opini TKSK,5,PPKS,11,
ltr
item
TKSK MY ID: 2023 Gubernur Ganjar Pranowo Fokus pada PPKS kategori Fakir Miskin
2023 Gubernur Ganjar Pranowo Fokus pada PPKS kategori Fakir Miskin
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYTSR9cirqvmRteADJMwodt7EAePUqAt9-uPz07-EZj0I4lVAwbZzz3Vwi3E7HyWH8eTWG37DAJdQltBxlzREExSTmqlRwxHi8bY3vJdjQt9QxQFfkxt7GcRCTK0xwMpJc3fnXPpwHeCfyKm7NvvTqEA_eDrjVPY_HYW3fjs28dKKnE2Wu7i8CHp9jYg/s16000/05-Ganjar-Pranowo-telah-mendorong-Dinas-Sosial-Provinsi-Jawa-Tengah-untuk-membuat-aplikasi-untuk-validasi-dan-verifikasi-data.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYTSR9cirqvmRteADJMwodt7EAePUqAt9-uPz07-EZj0I4lVAwbZzz3Vwi3E7HyWH8eTWG37DAJdQltBxlzREExSTmqlRwxHi8bY3vJdjQt9QxQFfkxt7GcRCTK0xwMpJc3fnXPpwHeCfyKm7NvvTqEA_eDrjVPY_HYW3fjs28dKKnE2Wu7i8CHp9jYg/s72-c/05-Ganjar-Pranowo-telah-mendorong-Dinas-Sosial-Provinsi-Jawa-Tengah-untuk-membuat-aplikasi-untuk-validasi-dan-verifikasi-data.jpg
TKSK MY ID
https://www.tksk.my.id/2023/01/2023-ganjar-fokus-ppks-fakir-miskin.html
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/2023/01/2023-ganjar-fokus-ppks-fakir-miskin.html
true
8127302976117625992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content