PMKS PPKS Kategori Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus

SHARE:

Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus adalah anak yang berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 18 (delapan belas) tahun dalam situasi darurat.

anak yang berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 18 (delapan belas) tahun dalam situasi darurat, dari kelompok minoritas dan terisolasi

Menurut Permensos No 08 Tahun 2012, Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus adalah anak yang berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 18 (delapan belas) tahun dalam situasi darurat, dari kelompok minoritas dan terisolasi, dieksploitasi secara ekonomi dan/atau seksual, diperdagangkan, menjadi korban penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (napza), korban penculikan, penjualan, perdagangan, korban kekerasan baik fisik dan/atau mental, yang menyandang disabilitas, dan korban perlakuan salah dan penelantaran.

Kriteria :

  1. berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 18 (delapan belas) tahun;
  2. dalam situasi darurat dan berada dalam lingkungan yang buruk/diskriminasi;
  3. korban perdagangan manusia;
  4. korban kekerasan, baik fisik dan/atau mental dan seksual;
  5. korban eksploitasi, ekonomi atau seksual;
  6. dari kelompok minoritas dan terisolasi, serta dari komunitas adat terpencil;
  7. menjadi korban penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA); dan
  8. terinfeksi HIV/AIDS.

Posisi Terpuncak Problem Sosial Anak

Kategori Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus hanya diperuntukkan bagi anak-anak dari kelompok minoritas yang sedang mendapatkan tekanan dari kelompok yang lebih besar, sehingga mengalami ketakutan serta kekhawatiran pada kehidupan sehari-harinya. Posisi terpuncak problem sosial anak ditempati oleh PMKS PPKS Kategori Anak-anak kita yang Memerlukan Perlindungan Khusus ini. 

Contoh paling riil adalah anak-anak dari kelompok Islam Syiah dan sebagian komunitas umat nasrani. Seperti pada banyak cerita di media sosial, terdapat pemuka Kelompok Islam yang lebih besar yang mendoktrin pengikutnya dengan mengatakan bahwa orang-orang dari kelompok Syiah halal darahnya bagi mereka. Eksplisitnya, Kelompok Islam yang lebih besar boleh membunuh orang-orang dari Kelompok Syiah. 

11 pelaku penyerang kelompok syiah Surakarta

Peristiwa terbesar adalah penyerangan Kelompok Syiah di Kabupaten Sampang Madura pada 26 Agustus 2012. Peristiwa penyerangan terhadap Kelompok Syiah terbaru adalah pada tanggal 8 Agustus 2020 di Solo. 

Seperti dilansir pada Tirto Id, penyerangan itu terjadi pada saat acara Doa bersama jelang pernikahan atau midodareni putri habib Umar Assegaf hampir selesai pada Sabtu (8/8/2020) petang. Acara itu hanya dihadiri 20an orang keluarga dekat. 

Saat tengah makan malam, dari luar terdengar teriakan. Terdengar suara "Allahu Akbar" bahkan "Syiah laknatullah", "kafir", dan "bunuh". "Itu keluar semua," kata perwakilan keluarga, Sayyid Memed, kepada reporter Tirto, Senin (10/8/2020). Memed memperkirakan suara itu berasal dari sekitar 50-100 orang. 

Peristiwa ini terjadi di rumah Almarhum Segaf bin Jufri, Jalan Cempaka, Mertodranan, Pasar Kliwon Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sebagai obyek penyerangan bukan hanya pada orang-orang dewasa, tetapi juga kepada anak-anak. Maka, anak-anak inilah yang dapat dimasukkan sebagai PMKS PPKS Kategori Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus. 

Apakah di Kabupaten Blora terdapat PMKS PPKS Kategori Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus? Atas kebaikan Tuhan, di Kabupaten Blora tidak ditemukan PMKS PPKS Kategori Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus. Termasuk di Kecamatan Sambong. Artikel ini belum lengkap dan akan diupdate di kemudian hari. (heri ireng)

COMMENTS

Nama

Berita Blora,6,Berita Jateng,6,Berita Pusat,8,Opini TKSK,5,PPKS,11,
ltr
item
TKSK MY ID: PMKS PPKS Kategori Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus
PMKS PPKS Kategori Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus
Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus adalah anak yang berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 18 (delapan belas) tahun dalam situasi darurat.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhks9u1nzesqY03QJ9n-s5DXBYZmBcD9BtuTtA3nFMdOeOLGQyDKnMGa3IbS6cW2y0Tsvw66xGrIFLPqE_tzOhLNHiJfbV_TUOplZifI_gCD7WweIFRjfflOqsbM5kReh1-IGm_QhTj3_k7Jj2boyQ8YxAJSFoOhCatroBPYwwJxOFzZn2bgZRCNxccXw/s16000/PMKS%20PPKS%20Kategori%20Anak%20yang%20Memerlukan%20Perlindungan%20Khusus%20(2).jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhks9u1nzesqY03QJ9n-s5DXBYZmBcD9BtuTtA3nFMdOeOLGQyDKnMGa3IbS6cW2y0Tsvw66xGrIFLPqE_tzOhLNHiJfbV_TUOplZifI_gCD7WweIFRjfflOqsbM5kReh1-IGm_QhTj3_k7Jj2boyQ8YxAJSFoOhCatroBPYwwJxOFzZn2bgZRCNxccXw/s72-c/PMKS%20PPKS%20Kategori%20Anak%20yang%20Memerlukan%20Perlindungan%20Khusus%20(2).jpeg
TKSK MY ID
https://www.tksk.my.id/2023/03/anak-yang-memerlukan-perlindungan-khusus.html
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/2023/03/anak-yang-memerlukan-perlindungan-khusus.html
true
8127302976117625992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content