PMKS PPKS Kategori Penyandang Disabilitas

SHARE:

Penyandang disabilitas adalah mereka yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama.

Penyandang Disabilitas Sensorik adalah mereka yang mempunyai panca indera seperti orang pada umumnya, namun tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyandang disabilitas adalah mereka yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama dimana ketika berhadapan dengan berbagai hambatan hal ini dapat mengalami partisipasi penuh dan efektif mereka dalam masyarakat berdasarkan kesetaraan dengan yang lainnya.

Kriteria :

  1. mengalami hambatan untuk melakukan suatu aktifitas sehari-hari;
  2. mengalami hambatan dalam bekerja sehari-hari;
  3. tidak mampu memecahkan masalah secara memadai;
  4. penyandang disabilitas fisik : tubuh, netra, rungu wicara;
  5. penyandang disabilitas mental : mental retardasi dan eks psikotik; dan
  6. penyandang disabilitas fisik dan mental/disabilitas ganda.

PMKS PPKS ketegori Penyandang Disabilitas, bila didetailkan lagi maka menjadi :`

Penyandang Disabilitas Fisik --> Tubuh (Tuna Daksa)

Penyandang Disabilitas Fisik adalah mereka yang tidak mempunyai salah satu atau beberapa anggota tubuh pada umumnya orang kebanyakan, atau kalaupun punya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Anggota tubuh lengkap, tetapi tidak dapat digerakkan salah satu, beberapa atau seluruhnya, lumpuh, sudah dapat dikategorikan sebagai Penyandang Disabilitas Fisik. 

Anggota tubuh lengkap, tetapi tidak berkembang dengan baik, atau diluar kewajaran, juga dapat dimasukkan dalam kategori Penyandang Disabilitas. Paling sering dijumpai adalah tulang punggung yang bongkok, bengkok, menekuk, dan cebol sehingga tampak tidak seperti orang-orang kebanyakan. 

Penyandang Disabilitas Sensorik

Penyandang Disabilitas Sensorik adalah mereka yang mempunyai panca indera seperti orang pada umumnya, namun tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penyandang disabilitas sensorik dikaitkan dengan 3 (tiga) panca indera utama, yaitu Mata, Telinga dan Suara. 

  1. Penyandang Disabilitas Sensorik --> Mata (Tuna Netra)
  2. Penyandang Disabilitas Sensorik --> Tuli (Tuna Rungu)
  3. Penyandang Disabilitas Sensorik --> Bisu (Tuna Wicara)
  4. Penyandang Disabilitas Sensorik --> Rungu / Wicara (Bisu Tuli)

Penyandang Disabilitas Mental

Penyandang Disabilitas Mental adalah mereka yang mempunyai anggota tubuh lengkap, namun terganggu mental atau intelektualnya. Mempunyai anggota tubuh lengkap, namun tidak dapat menahan emosinya dan tidak dapat menahan ekspresi berlebihan yang timbul akibat apa yang dipikirkannya dapat dimasukkan kategori Penyandang Disabilitas Mental. Istilah umumnya adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa. 

Sedangkan mempunyai anggota tubuh lengkap, namun perkembangan otaknya tidak seperti orang kebanyakan, dapat dikategorikan sebagai Penyandang Disabilitas Intelektual. Ciri lazim yang dimiliki oleh Penyandang Disabilitas Intelektual ditandai dengan tindakan serta wajah kekanak-kanakan. Biasanya orang menyebut dengan Kembar Sejuta Wajah. 

  1. Penyandang Disabilitas Mental --> Mantan Penderita Gangguan Jiwa
  2. Penyandang Disabilitas Mental --> Gangguan Jiwa
  3. Penyandang Disabilitas Intelektual --> Gangguan Retardasi

Penyandang Disabilitas Ganda

Penyandang Disabilitas Ganda adalah mereka yang menderita ketunaan fisik juga gangguan mental atau gangguan intelektual. 

  1. Penyandang Disabilitas Ganda --> Netra & Fisik
  2. Penyandang Disabilitas Ganda --> Netra, Rungu & Wicara
  3. Penyandang Disabilitas Ganda --> Netra, Rungu, Wicara & Fisik
  4. Penyandang Disabilitas Ganda --> Mental & Fisik
  5. Penyandang Disabilitas Ganda --> Mental & Intelektual
  6. Penyandang Disabilitas Ganda --> Fisik, Mental & Intelektual

Untuk lebih lengkapnya tentang PMKS PPKS ketegori Penyandang Disabilitas akan dibahas secara detail pada postingan-postingan lain yang berdiri sendiri. (heri ireng)

COMMENTS

Nama

Berita Blora,6,Berita Jateng,6,Berita Pusat,8,Opini TKSK,5,PPKS,11,
ltr
item
TKSK MY ID: PMKS PPKS Kategori Penyandang Disabilitas
PMKS PPKS Kategori Penyandang Disabilitas
Penyandang disabilitas adalah mereka yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidJeUkrLN_vDqqZ2Ua_nu5oGDrllZyoeUXI4yMIxBHIUqkqJO9kRivjItM-ElnUhOac0hPRfIwqSQCcFtS-wgydrnoXaDVl8SDF1ITZ7irCuy2sBnXD0ygLWM4bfyD3Cx3WcPtVdz9pv5P_BDUKAG-l_olycpOSIx17gPtmam43dR274zAcYTBnoX-Ag/s16000/PMKS%20PPKS%20kategori%20Penyandang%20Disabilitas%20(2).jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidJeUkrLN_vDqqZ2Ua_nu5oGDrllZyoeUXI4yMIxBHIUqkqJO9kRivjItM-ElnUhOac0hPRfIwqSQCcFtS-wgydrnoXaDVl8SDF1ITZ7irCuy2sBnXD0ygLWM4bfyD3Cx3WcPtVdz9pv5P_BDUKAG-l_olycpOSIx17gPtmam43dR274zAcYTBnoX-Ag/s72-c/PMKS%20PPKS%20kategori%20Penyandang%20Disabilitas%20(2).jpg
TKSK MY ID
https://www.tksk.my.id/2023/03/penyandang-disabilitas.html
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/2023/03/penyandang-disabilitas.html
true
8127302976117625992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content