Wapres RI Apresiasi Bantuan RTLH bagi PPKS Jawa Tengah oleh Ganjar Pranowo

SHARE:

Naas bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Setiap langkah pembangunan infrastruktur maupun penyelenggaraan kesejahteraan sosialnya hampi...

07-Wapres-instruksikan-agar-tidak-mengkaitkan-pemberian-bantuan-PPKS-Rutilahu-dengan-Politik-Praktis

Naas bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Setiap langkah pembangunan infrastruktur maupun penyelenggaraan kesejahteraan sosialnya hampir selalu mendapatkan penilaian kontra produktif yang terstruktur masih dan repetitive oleh sebagian kecil masyarakat dunia maya. 

Sampai langkah mulia Ganjar Pranowo berupa penyaluran bantuan RTLH kepada PPKS yang jelas masuk kategori Fakir Miskin-pun dinilai politis. Hanya karena kebetulan penerimanya adalah kader atau simpatisan partai PDI Perjuangan.

Keperihatinan terhadap penyalahgunaan kebebasan berpendapat, berekspresi semacam ini sampai membuat Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin mengeluarkan fatwa. Seperti disiarkan oleh WapresRI Go Id :

Bantuan dana renovasi rumah yang disalurkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Desember 2022 lalu menimbulkan reaksi di masyarakat. Hal ini terjadi karena dana bantuan yang berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tersebut diberikan kepada mustahik (orang yang berhak menerima bantuan) yang diketahui terafiliasi dengan sebuah partai politik.

Berkenaan dengan hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin mengimbau agar pemberian dana bantuan tidak dikaitkan dengan afiliasi politik seseorang, melainkan didasarkan pada kriteria mustahik yang berhak mendapatkan bantuan.

"Saya kira seharusnya masalah BAZNAS itu tidak dikaitkan dengan kepartaian, tetapi dengan kemustahikkan. Siapa yang berhak itu (mendapat bantuan)," tutur Wapres dalam keterangan persnya usai usai meninjau tempat relokasi korban gempa Cianjur di Sirnagalih, Jalan Raya Cibeber, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Rabu (04/01/2023).

Validitas Data Usulan BAZNAS

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, BAZNAS telah memiliki sistem dalam melakukan seleksi mustahik.

"BAZNAS sudah punya aturan untuk memberikan bantuan terhadap mereka yang mustahik, yang patut dibantu. Bentuknya konsumtif atau bentuknya rehabilitasi rumah, dan tentu pelaksanaannya berkoordinasi dengan pemerintah daerah," papar Wapres.

Dengan demikian, tambahnya, keterkaitan penerima zakat dengan sebuah partai politik tertentu bukan merupakan hal yang disengaja. Melainkan, orang tersebut memiliki kriteria untuk mendapatkan bantuan.

"Kalau nanti misalnya memperoleh itu (bantuan), ada terkait dengan afiliasi kepartaian, itu partai pasti ada, partai ini partai itu," imbuh Wapres KH Ma'ruf Amin.

"Yang penting dia punya hak untuk memperoleh bantuan BAZNAS apapun partainya," fatwa KH Ma'ruf Amin.

Menutup keterangan persnya, kembali Wapres menegaskan bahwa pemberian dana bantuan BAZNAS agar tidak dikaitkan dengan hal lain yang tidak terkait, melainkan dari kapasitasnya sebagai orang yang berhak menerima bantuan.

"BAZNAS untuk orang yang ingin dibantu tanpa melihat latar belakang partainya apa," pungkas Wapres.

Mendampingi Wapres pada keterangan pers kali ini, Kepala BNPB Suharyanto, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Cianjur Herman Suherman, serta Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto. (Heri ireng)

COMMENTS

Nama

Berita Blora,6,Berita Jateng,6,Berita Pusat,8,Opini TKSK,5,PPKS,11,
ltr
item
TKSK MY ID: Wapres RI Apresiasi Bantuan RTLH bagi PPKS Jawa Tengah oleh Ganjar Pranowo
Wapres RI Apresiasi Bantuan RTLH bagi PPKS Jawa Tengah oleh Ganjar Pranowo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNRPcA2cIPOD0RoEQgFNyqFdt29ROjeSO0C9zv-_M5MkRIz878D1lWBItjdk1P1RraxUGUFCAiK_697_lQ_2-7KUXqy7e9UaWPq_uZzJne6zpi_65KsmHTXN7YJcu-wP9D8PEzIhU-_iCvzFlHGl6luBS1ez6ELb8cBsN7Gwfs2aR5xhPwGWOWZ595UQ/s16000/07-Wapres-instruksikan-agar-tidak-mengkaitkan-pemberian-bantuan-PPKS-Rutilahu-dengan-Politik-Praktis.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNRPcA2cIPOD0RoEQgFNyqFdt29ROjeSO0C9zv-_M5MkRIz878D1lWBItjdk1P1RraxUGUFCAiK_697_lQ_2-7KUXqy7e9UaWPq_uZzJne6zpi_65KsmHTXN7YJcu-wP9D8PEzIhU-_iCvzFlHGl6luBS1ez6ELb8cBsN7Gwfs2aR5xhPwGWOWZ595UQ/s72-c/07-Wapres-instruksikan-agar-tidak-mengkaitkan-pemberian-bantuan-PPKS-Rutilahu-dengan-Politik-Praktis.jpg
TKSK MY ID
https://www.tksk.my.id/2023/01/wapres-ri-apresiasi-bantuan-rtlh-bagi-ppks.html
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/
https://www.tksk.my.id/2023/01/wapres-ri-apresiasi-bantuan-rtlh-bagi-ppks.html
true
8127302976117625992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content